Sunday 15 June 2014

Apa itu OS Backtrack ??

Pertama kali saya menggunakan adalah versi ke-3 dari OS Backtrack (BT), pada saat itu masih menggunakan basis Slackware, jadi untuk sejarahnya saya sendiri kurang mengerti, yang saya ketahui adalah BT ini awalnya dulu berasal dari Knoppix. Kini di versi yang paling akhir saat tulisan ini dibuat adalah versi BT5 R1 telah menggunakan basis Ubuntu.
Dengan basis Ubuntu inilah membuat saya lebih tertarik untuk menggunakannya karena pasti mudah untuk mencari solusi untuk sebuah error dan mencari dasar cara-cara penggunaannya di Google :D
OS Backtrack adalah OS yang didesain sedemikian rupa untuk melakukan audit keamanan atau penetration testing sebuah sistem teknologi informasi, mulai dari jaringan, web, database, reverse-engineering, RFID testing, komputer forensik, vulnerability and exploit testing, stress testing dan lain sebagainya.
Mengapa kita memerlukan audit keamanan atau penetration testing??
Sebuah sistem teknologi informasi terdiri dari berbagai macam komponen, setiap komponen ini membentuk sebuah rantai yang saling mendukung satu sama lain, nah kekuatan dari sebuah rantai itu terletak pada mata rantai yang terlemah. Untuk menjebol keamanan dari sebuah sistem TI para pihak yang tidak berkepentingan akan mencari titik terlemah tersebut.
Sebelum titik terlemah tersebut diketahui oleh para pihak yang tidak berkepentingan sebaiknya kita mengetahuinya terlebih dahulu bukan? maka dari itu kita perlu melakukan audit keamanan atau penetration testing.
Demi belajar mengenai OS Backtrack ini saya mengikuti beberapa forum di dalam maupun luar negeri, tetapi yang membuat saya paling tertarik adalah Backtrack-Linux.org dan Indonesia Backtrack Team (IBTeam).
Baiklah, saya akan mulai berbagi beberapa tools yang telah saya pelajari di OS Backtrack ini…disini.

Hack to Learn!

NOTE:
Semua hal yang dilakukan dan atau diakibatkan oleh tools di OS Backtrack menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengguna, saya tidak akan bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi.

0 comments:

Post a Comment