Gambar : Tampilan Menu Utama
Untuk membuat menu utama digunakan file
Menu.java untuk coding Java dan Menu.xml untuk coding tampilan layout dari menu
utama.
Listing menu.java
packageperbelanjaan.com;
importandroid.app.Activity;
importandroid.content.DialogInterface;
importandroid.content.Intent;
importandroid.os.Bundle;
importandroid.view.Menu;
importandroid.view.MenuInflater;
importandroid.view.MenuItem;
importandroid.view.View;
importandroid.view.View.OnClickListener;
public class menu extends Activity implementsOnClickListener{
/** Called when the activity is first created. */
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.menu);
View btn1 = findViewById(R.id.btnpasar);
btn1.setOnClickListener(this);
View btn2 = findViewById(R.id.btnmall);
btn2.setOnClickListener(this);
View btn3 = findViewById(R.id.btnfo);
btn3.setOnClickListener(this);
View btn4= findViewById(R.id.btnoleh);
btn4.setOnClickListener(this);
View btn5= findViewById(R.id.btnabout);
btn5.setOnClickListener(this);
View btn6= findViewById(R.id.btngallery);
btn6.setOnClickListener(this);
}
public void onClick(View v) {
// TODOAuto-generated method stub
switch (v.getId()){
case R.id.btnpasar:
Intent
myAplikasi1 = new Intent(this, pasar.class);
startActivity(myAplikasi1);
break;
case R.id.btnmall:
Intent
myAplikasi2 = new Intent(this, mall.class);
startActivity(myAplikasi2);
break;
case R.id.btnfo:
Intent
myAplikasi3 = new Intent(this, factory_outlet.class);
startActivity(myAplikasi3);
break;
case R.id.btnoleh:
Intent
myAplikasi4= new Intent(this, pusatOleh.class);
startActivity(myAplikasi4);
break;
case R.id.btnabout:
Intent
myAplikasi5= new Intent(this, about.class);
startActivity(myAplikasi5);
break;
case R.id.btngallery:
Intent
myAplikasi6= new Intent(this, gallery.class);
startActivity(myAplikasi6);
break;
}
}
//Untuk Membuat Menu Item Tombol Help dan Exit.
public booleanonCreateOptionsMenu(Menu menu) {
MenuInflater inflater =
getMenuInflater();
inflater.inflate(R.menu.opt_menu, menu);
return true;
}
public booleanonOptionsItemSelected(MenuItem item) {
switch(item.getItemId()) {
case R.id.btback:
Intent myAplikasi1 = new Intent(this, help.class);
startActivity(myAplikasi1);
return true;
case R.id.btclose:
keluar();
return true;
default:
return super.onOptionsItemSelected(item);
}
}
public void keluar(){
AlertDialog.Builder builder = newAlertDialog.Builder(this);
builder.setMessage("Apakah Anda Benar-Benar ingin keluar?")
.setCancelable(false)
.setPositiveButton("Ya",newDialogInterface.OnClickListener() {
public voidonClick(DialogInterface dialog,int id) {
menu.this.finish();
}
})
.setNegativeButton("Tidak",newDialogInterface.OnClickListener() {
public voidonClick(DialogInterface dialog,int id) {
dialog.cancel();
}
}).show();
}
}
LOGIKA APLIKASI
Dalam pembuatan halaman menu utama atau
class menu utama akan menampilkan menu utama program dalam bentuk tombol yang
dapat diklik atau dipilih, maka class menu dideklarasikan sebagai class turunan
dari OnClickListener.
public class menu extends Activity
implements OnClickListener
Kemudian masuk pada method onCreate() yang
memulai segala kegiatan pada class menu.java ini. Jika class ini dijalankan
maka layout yang akan ditampilkan adalah file menu.xml yang ditempel pada
bagian setContentView. Dan juga pendeklarasian dari masing-masing variabel
button pasar, mall, fo, oleh, about dan gallery. Pada method ini dideklarasikan
bahwa btn1, btn2, btn3, btn4, btn5 dan btn6 merupakan View yang masing-masing
telah memiliki nilai id yang harus cocok dengan nilai id pada file menu.xml.
Variabel btn1, btn2, btn3, btn4, btn5 dan btn6 diatur sebagai tombol yang dapat
diklik atau dipilih.
Kemudian masuk pada method onClick(), method yang digunakan untuk melakukan
aksi pemilihan dari suatu button. Method di atas menggunakan switch untuk
melakukan seleksi terhadap perintah yang dipilih oleh pengguna atau user.
Penyeleksian perintah yang dipilih dilakukan dengan menyeleksi id yang
disamakan pada file menu.xml. Jika yang dipilih case dengan nilai id btnpasar
maka program akan memanggil class pasar.java dengan menggunakan perintah
intent. Tetapi jika yang dipilih adalah btnmall, maka class mall.java lah yang
ditampilkan, begitu seterusnya untuk btnfo, btnoleh, btnabout, dan
btngallery. Pernyataan
break menunjukan bahwa perintah siap keluar dari switch. Tanpa break, maka
switch akan terus mengeksekusi statement yang berada di bawahnya sampai
selesai. Sehingga, break berfungsi untuk keluar dari switch begitu statement
pada satu case selesai di eksekusi (tanpa melanjutkan ke statement berikutnya /
yang berada di bawahnya).
0 comments:
Post a Comment